Wakil Bupati Kabupaten Pacitan Yudi Sumbogo berkesempatan melantik dan mengukuhkan Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Pacitan Masa Bakti 2018-2023, di Gedung Pertemuan Hotel Srikandi, Kamis (27/12/18).

Dalam sambutannya usai pelantikan Wabup menyampaikan,  bahwa KTNA sebagai mitra pemerintah berkewajiban mendorong petani serta nelayan di Pacitan semakin maju. Didukung 2000 kelompok tani, peternakan, pekerbunnan serta nelayan yang membutuhkan pendampingan dalam mengembangkan usahanya, Komoditas pertanian dewasa ini menunjukkan kenaikan yang baik, “maka untuk mempertahankan capaian itu, di samping Inovasi Teknologi juga membutuhkan peningkatan kapasitas kelompok serta mediasi supaya terjalin kerja sama dengan pihak lain,” paparnya.

Ia melanjutkan melalui KTNA bersama instansi terkait selanjutnya dapat melakukan upaya pemasyarakatan penggunaan pupuk organik yang diproduksi sendiri oleh kelompok tani, upaya tersebut diharapkan dapat menjadi gerakan masyarakat di Pacitan agar kesuburan lahan  yang ada dapat terjaga.

Wakil Ketua KTNA Provinsi Jawa Timur Ahmad Prayogo pada kesempatan yang sama menambahi bahwa potensi pertanian utamanya di Pacitan sangat tinggi dan perlu dikelola yang baik, hal itu mengingat kondisi alam yang masih bagus  untuk pertanian. Pihaknya juga berpesan kepada semua anggota bahwa KTNA adalah mitra pemerintah bukan organisasi oposisi. Tugas utama memberikan masukan pemerintah untuk  kebijakan yang maksimal. “koordinasi antar pengurus juga diharapkan maksimal, dan sangat perlu diadakan penyegaran melalui pergantian pengurus agar kinerja lebih baik lagi,” harap Ahmad.

Di kesempatan itu Wabup didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Joni Maryono, Kepala Dinas Pertanian Pamuji, Dinas Pangan Bambang Supriyoko, Perwakilan Dinas Perindustrian dan perdagangan (Diskoperndag) Kabupaten Pacitan. (Nots/Wan31/Budi/Wira/Riyanto/DiskominfoPacitan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *