Siswa SD Alam Pacitan selalu mempunyai cara untuk belajar, salah satunya yang menarik kali ini adalah kunjungnya di tiga tetangga Indonesia, yakni Singapura, Malaysia dan Negeri Gajah Putih Thailand.

Bertekat menimba ilmu sebanyak-banyaknya di tiga Negara tersebut mereka juga membawa misi pertukaran budaya, dengan ditandatanganinya MoU antara Direktur Phat Masniyom selaku Direktur Warraphat School dan Kepala  Sekolah SD Alam Bangun Naruttama.

Dengan penanda tanganan itu kedua belah pihak mempunyai kesempatan melakukan pertukaran budaya melalui kegiatan “cultural exchange camp”. Didalamnya kedua sekolah akan bergantian menjadi tuan rumah pertukaran budaya.

Hal lain yang bias dilaksanakan adalah kedua belah pihak juga berkesempatan bertukar informasi terkait kurikulum, kegiatan pembelajaran ataupun Even sekolah. Sehingga menjadi rujukan dan bahan inovasi program agenda baru sekolah.

Rombongan juga diperkenankan menampilkan tarian tradisional, paduan suara serta memainkan alat musik angklung. Pertunjukan ini ternyata mendapat apresiasi yang luar biasa dari pihak Warraphat School.

Banyak hal yang diperoleh para siswa selama kunjungan, utamanya adalah kesadaran mereka yang termasuk bagian masyarakat ASEAN yang harus saling mengenal dan saling toleransi atas perbedaan budaya yang dimiliki, hasilnya terciptanya kehidupan yang selaras di tengah keberagaman dan kemajemukan khususnya di Asia Tenggara. (Diskominfo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *