Setelah mengalami kekosongan jabatan Hakim Ketua selama Sembilan bulan, akhirnya secara resmi Dirjen Badan Peradilan Agama melantik Drs. Sumarwan S.H M.H sebagai Hakim Ketua di Pengadilan Agama Kabupaten Pacitan menggantikan Plt. Drs. Nasrulloh S.H. di Sekretariat Mahkamah Agung Jakarta di awal tahun 04/01/19 kemarin.

Lamanya kekosongan disebabkan karena terjadi hal serupa di Pengadilan Tinggi Agama Surabaya karena faktor promosi dan pensiun, tidak hanya kabupaten Pacitan saja, delapan kota lain mengalami kondisi yang sama.

Kepada Diskominfo 10/01/19 Hakim Ketua Baru yang pernah bertugas di Pacitan sebagai Wakil Ketua pada 2012 hingga 2016 tersebut mengungkapkan sedikit banyak telah memahami karakter kasus di Pacitan, “sedikit banyak kami sudah tahu dan pasti mempermudah kerja kami,” ungkap Dia.

Selama melaksanakan mandat di Pacitan Ia juga akan berupaya meningkatkan badan peradilan yang agung, dimana program dari (Badilag) atau Badan Pengadilan Agama yang berisi tentang pencanangan zona integritas yakni mewujudkan wilayah yang bersih serta bebas korupsi. “Itu sesuai dengan pusat,” ungkapnya.

Pria kelahiran Madiun 06 Desember tersebut sangat mengharap kepada Pemerintah dan semua komponen agar dirinya dapat kembali diterima untuk melanjutkan tugas dan silaturahmi yang sudah terjalin sebelumnya.

Meskipun dirinya mengaku untuk selalu aktif dalam kegiatan pemerintah dan lain begitu sulit diikuti karena faktor minim tenaga, namun dirinya akan selalu berupaya melibatkan diri, “itu juga sesuai dengan arahan atasan, bahwa kami harus selalu terlibat dengan kegiatan pemerintahan setempat,” tutupnya. (budi/riyanto/wira/DiksominfoPacitan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *