Di awali dengan parade kirab wayang, Resepsi Hut KNPI kabupaten Pacitan berlangsung semarak. Acara di alun-alun kota yang  bertajuk budaya nusantara diramaikan dengan pagelaran wayang kulit dalam agenda Parade Dalang Muda Nusantara. Sebayak 23 dalang akan tampil pada 23-24/7.

Pada ceremonial pembukaan Parade tersebut dihadiri Wabup Yudi Sumbogo, H. Gepeng Sudibyo sesepuh pendiri DPD KNPI Kab.Pacitan tahun 1973. Sekda suko Wiyono, Asisten Bupati, Forkopimda, Beberapa OPD,Ketua DPD KNPI Pacitan Mohammad Rofikin. Serta Nyi Sukesi juga sebagai bintang tamu dalam acara tersebut.

Dalam sambutanya ketua DPD KNPI Pacitan berharap masyarakat khususnya pemuda mencintai, melestarikan, dan mempelajari budaya nusantara. Gepeng sebagai sesepuh menceritakan sejarah berdirinya KNPI. Kemudian berpesan bahwa jatuh bangunnya satu bangsa berasal dari membina pemudanya. “galangen pemuda Pacitan, dadikno pemuda yang handal” ujarnya bersemagat dan penuh harap.

Beberapa dalang kondang jebolan ISI Surakarta juga tampil dengan lakon Sang Tetuko. Mereka diantaranya Ki Cahyo Kuntadi, Ki  Haryo Lukito, Ki Nanang, Ki Gendut Dalang Berijazah dan lainnya.

(Budi/Anjar/Riyanto/Diskominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *