PPID Kabupaten Pacitan | 0357 882114
 

Sale pisang dan sale anggur khas pacitan

                       Sale Khas Pacitan

Sale pacitan yang terkenal sebagai oleh-oleh khas pacitan sangat unik serta menarik untuk dinikmati. Sale yang berbahan dasar  pisang ini ternyata sudah menjadi khas untuk menjadi oleh-oleh bila berlibur ke kota Pacitan. Salah satu yang terkenal adalah sale anggur.

Proses pembuatan sale anggur ini sangat tidak rumit. Mulai kulit pisang dikelupas,di irisi, dijemur, sampai kering di bawah sinar matahari langsung,setelah kering dibentuk bulat kecil-kecil lalu dibungkus plastik. Setelah itu dilapisi kertas berwarna untuk mempercantik tampilan warna-warni sale anggur. Sale anggur ini mampu bertahan selama 5-6 bulan lamanya. Semakin lama sale anggur ini disimopan maka rasanya akan semakin menjadi manis.

Proses utama dan yang paling penting dalam pembuatan sale anggur adalah dalam proses penjemuran. ” kalau jemurnya maximal terkena sinar matahari, maka sale akan awet dan tahan busuk serta rasanya akan semakin manis” Ujar bu katinem,Produsen sale dari krajan sirnoboyo pacitan.

Untuk pemasaran sale anggur, biasanya diambil oleh para bakul untuk di setorkan ke kios-kios di sekitar lokasi pariwisata, dan juga ada yang dikirimkan ke luar kota seperti jogja,solo,surabaya, kebumen,semarang bahkan sampai ibu kota Jakarta. Sale pacitan memiliki rasa manis yang berbeda dengan sale di daerah lain.  yang dihasilkan dari proses alami sale pisang tersebut, tanpa menambahkan sedikitpun gula atau pemanis dalam proses pembuatan sale pisang. (Wan31/Kominfo)

 
 

More Posts in Berita

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Add a comment

required

required

optional