PPID Kabupaten Pacitan | 0357 882114
 

Pemkab Teken MoU Pengawasan Dana Desa

Pemerintah Kabupaten Pacitan menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Polres Pacitan terkait pencegahan, pengawasan, dan penanganan permasalah dana desa di pendopo, Jum’at (29/12/2017). “Adanya MoU ini bukan untuk menakut-nakuti. Tujuannya supaya dana desa dapat berguna secara kualitatif untuk kemajuan Kabupaten Pacitan dan masyarakatnya,” kata Kapolres Pacitan AKBP Setyo K Heriyatno.

Sebenarnya tidak hanya kepolisian saja yang melakukan pengawasan. Tetapi juga para penegak hukum lainnya. Seperti kejaksaan negeri misalnya. Sebab dana desa merupakan bantuan dari pemerintah. Sehingga nantinya akan dipertanggungjawabkan penggunaannya. Dalam hal ini baik Polri maupun kejaksaan negeri bertindak selaku pengawal maupun konsultan.

Karena itu Kapolres meminta kepada para penerima dan pengguna dana tersebut agar tidak ragu menggunakannya. Ia bahkan membuka pintu lebar-lebar untuk berkordinasi jika pihak desa masih merasa ragu-ragu. Kordinasi yang dimaksud agar penggunaan dana dapat dipertanggungjawabkan dan penggunaannya sesuai aturan serta koridor hukum. “Saya atas nama Polres Pacitan akan memberikan bantuan, bimbingan, dan konsultasi maupun hal-hal yang diperlukan apabila menemukan hambatan dalam penggunaan dana desa. Kita membantu memberikan pencegahan,”pintanya.

Dalam sambutannya Bupati Indartato mengatakan pengguliran dana desa merupakan bagian dari urusan pemerintahan. Yang bermula dari kebijakan pemerintah pusat yang penerapannya sampai ke paling bawah, yakni desa. “Dan itu ada pedomannya. Pedoman itu dituangkan dalam tata pemerintahan yang baik. Ditandai dengan tiga ciri. Yaitu keterbukaan, dapat dipertanggungjawabkan, serta partisipasi.,” kata dia.

Terkait dengan keterbukaan, ada sistem manajemen pengaturnya. Dimana pengawasan masuk didalamnya bersama dengan perencanaan dan pelaksanaan. “Menteri Dalam Negeri dan Kapolri telah sepakat bagaimana mengawal kegiatan yang ada, khususnya dana desa. Ini ditindaklanjuti MoU pemkab dan Polres,” tandas bupati.(arif/nasrul/tarmuji taher/humaspacitan)

 
 

More Posts in Berita

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Add a comment

required

required

optional