PPID Kabupaten Pacitan | 0357 882114
 

Sambangi Korban Bencana, Bupati Serahkan Bantuan

Pacitan – Hujan deras yang turun sejak Minggu (15/10/2017) berdampak luas bagi warga masyarakat.  Terutama bagi mereka yang tempat tinggalnya diterjang longsor.

Guna memastikan kondisi di lapangan Bupati Indartato bersama jajarannya, Selasa (17/10/2017) mendatangi lokasi kejadian. Salah satunya di Kecamatan Ngadirojo. Selain melihat langsung dampak bencana, orang nomor satu di Pacitan juga menyerahkan santunan kepada  korban.

“Tetap waspada jika terjadi perubahan cuaca. Jika hujan deras harus diantisipasi,” pesan Bupati Indartato kepada warga.

Sementara itu guna meringankan beban warga terdampak, Pemkab Pacitan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan bantuan. Mulai dari bahan makanan sampai rehabilitasi pasca bencana. Hanya saja jumlahnya disesuaikan dengan kemampuan daerah.

Berdasarkan laporan pihak kecamatan diketahui tanah longsor menerjang lebih dari 30 unit rumah warga. Tidak itu saja, 60 hektar tanaman padi dan  140 hektar tanaman palawija ikut terendam.

Kepala BPBD Tri Mujiharto mengungkapkan, hujan dengan intensitas tinggi saat musim penghujan belum tiba adalah bagian dari anomali cuaca. Hal ini jarang terjadi.  Saat ini, menurutnya masih proses transisi dari kemarau ke hujan.

“Untuk itu masyarakat diimbau  tetap waspada,” tambah Tri. (Riz/Dav/PS)

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Add a comment

required

required

optional