PPID Kabupaten Pacitan | 0357 882114
 

Pantau Kebutuhan Pokok Jelang Ramdhan, Bupati Minta Masyarakat Tidak Panik

Bupati Pacitan Indartato minta masyarakat tidak panik menyikapi dinamika pasar yang cenderung fluktuatif menjelang datangnya bulan suci ramadhan. Orang nomor satu di Pacitan itu justru berharap masyarakat tenang serta tidak melakukan upaya borong barang yang justru memicu lonjakan harga

“Saya minta masyarakat tidak berlebihan untuk menjaga stok dan harga kebutuhan pokok di pasaran tetap terjaga,“ ujar Bupati Indartato.
Himbauan itu disampaikan Bupati Indartato saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) barang barang kebutuhan pokok di pasar Arjowinangun serta pasar Minulyo Pacitan, Rabu (24/5).
Menurut Bupati Indartato, pemerintah akan terus berupaya, agar stok barang kebutuhan pokok terjaga untuk menciptakan harga tetap stabil. Namun demikian, menurut orang nomor satu di Pacitan itu, semuanya tergantung hukum ekonomi. Harga tidak akan melonjak naik seandainya ketersediaan barang yang ada mampu memenuhi permintaan konsumen. Untuk itu masyarakat diminta tidak berlebihan.
“Sebagai antisipasi, Pemkab telah menyiapkan operasi pasar jika harga terus naik,“ pungkasnya.
Sejauh ini dari hasil pantauan, harga kebutuhan pokok cenderung stabil. Sejumlah komuditas tertentu bahkan turun. Sedangkan beberapa komuditas lain ada kenaikan akan tetapi tidak signifikan. Hanya komuditas daging baik daging sapi ataupun daging ayam yang cenderung tinggi.
Saat ini harga daging sapi berada pada kisaran Rp.100 hingga Rp.120 ribu rupiah. Sejumlah pedagang mengaku tidak dapat memenuhi harapan pemerintah untuk menjual daging sapi dibawah angka Rp.100 karena memang dari harga dasarnya sudah tinggi. Sementara komuditas daging sendiri tidak mendapatkan subsidi.(Riz/Pur)
 
 

Share this Post



 
 
 
 

Add a comment

required

required

optional