PPID Kabupaten Pacitan | 0357 882114
 

Bupati Pacitan Ingatkan Pentingnya Hidup Gotong Royong

Ngadirojo- Budaya gotong royong merupakan nilai luhur yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Perilaku yang mencerminkan kerukunan dan kebersamaan ini telah menjadi sendi kehidupan masyarakat secara turun temurun.

`Kita tidak bisa hidup sendiri, pasti membutuhkan bantuan orang lain, inilah perlunya kita bergotong royong,”

Pernyataan itu disampaikan Bupati, saat menyampaikan kata sambutan dalam acara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) XIV Kabupaten Pacitan di Balai Desa Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo, Kamis (18/5). Orang nomor satu di Pacitan ini menekankan pentingnya budaya gotong royong dalam sendi sendi kehidupan masyarakat, salah satu kuncinya adalah kerukunan dan kebersamaan.

Tidak hanya itu, gotong royong menurut Bupati Indartato juga memberikan pengaruh kuat terhadap keberhasilan program pembangunan, karena pembangunan tidak hanya tertumpu pada pemerintah saja namun juga peran serta masyarakat.

Dengan tetap menjaga nilai kegotong-royongan maka rakyat akan memiliki kepedulian besar terhadap sesama serta lingkungan.
`Terlibatnya seluruh lapisan masyarakat akan mendorong terwujudnya tata pemerintahan yang baik,`ucap beliau

Camat Ngadirojo, Gunawan SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 Kabupaten Pacitan Tahun 2017 yang dilaksanakan pada hari ini, Kamis 18 Mei 2017 ada beberapa rangkaian kegiatan pendukung antara lain Kegiatan gotong royong masyarakat, Pelayanan Posyandu dan lansia di Dusun Kepuh Desa Bodag Kecamatan Ngadirojo dan Pameran Produk Unggulan yang terbaik.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs Sanyoto MM selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa kegiatan bulan bhakti gotong royong dan kesatuan masyarakat telah dilaksanakan secara serentak di seluruh Desa dalam Kabupaten Pacitan selama satu bulan mulai tanggal 1 – 31 Mei 2017. Adapun sasaran kegiatannya meliputi 4 (empat) bidang yaitu bidang kemasyarakatan, bidang budaya dan agama, bidang ekonomi serta bidang lingkungan.
Dalam kesempatan itu Sanyoto juga menyampaikan laporan bahwa untuk Lomba BBGRM juara 1 yang diraih Desa Cemeng Kecamatan Punung yang sekaligus mewakili Kabupaten Pacitan di Tingkat Provinsi telah menyabet penghargaan terbaik. Juara II Desa Karanganyar Kecamatan Kebonagung serta Juara III Desa Bodag Kecamatan Ngadirojo.

Untuk lomba Desa juara I diraih Desa Cemeng Kecamatan Punung, Juara II Desa Tahunan Kecamatan Tegalombo serta Juara III diraih desa Sumberharjo Kecamatan Pacitan(riz/ryt/ag)

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Add a comment

required

required

optional