PPID Kabupaten Pacitan | 0357 882006
 

10 Desa di Pacitan Jadi Pilot Project Sistem Informasi Desa

Sistem Informasi Desa Pacitan

Sistem Informasi Desa Pacitan

Sebanyak 10 desa dari total 166 desa di Kabupaten Pacitan menjadi pilot project pengembangan sistem informasi desa (SID). Adapun 10 desa tersebut adalah desa Bubakan, Bungur, Jetak, Ketro, Ngumbul dan Wonoanti di Kecamatan Tulakan serta desa Gemaharjo, Pucangombo, Tahunan dan desa Tegalombo di Kecamatan Tegalombo.

Pendampingan SID bertajuk “Pendampingan dan lokakarya penyusunan kebijakan SID untuk pengelolaan basis data terpadu yang mendukung program penanggulangan kemiskinan di Pacitan” sendiri digelar kerjasama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pacitan dengan Kompak, CRI dan Combine DI Yogyakarta yang digelar Rabu (26/10) hingga Jumat (28/10) kemarin di Gedung Karya Dharma, Pacitan. “Kami dari Dishubkuminfo diberikan tugas untuk memandu implementasi SID bagi 10 desa tersebut sebagai pilot project,”kata Wira Swastika, narasumber dari Dishubkominfo Pacitan.

Usai pendampingan tersebut, 10 desa pilot project tersebut diharapkan memberikan penguatan dan pemahaman kepada tim Pengembangan SID di tingkat desa. Kemudian SID yang akan dibangun dapat dilaksanakan dan diwujudkan, serta desa mempunyai basis data/bank data (SID) untuk menyusun perencanaan desa dan keperluan lainya. Dalam konteks Pacitan, pemanfaatan SID ini diharapkan mampu menanggulangi kemiskinan di Pacitan.

Sebagai informasi , SID adalah sebuah platform teknologi informasi komunikasi untuk mendukung pengelolaan sumber daya komunitas di tingkat desa.

SID merupakan salah satu Program Kerja Kompak, dimana Kompak memfasilitasi pemerintah desa untuk membangun sistem informasi desa (SID). Sebelum digelar pendampingan, langkah awal yang telah dilakukan pada periode bulan April-Mei 2016 telah dilaksanakan workshop sistem SID di semua kabupaten Mitra Kompak , yakni Pacitan, Bondowoso, Trenggalek dan Lumajang.

Agenda pendampingan dan lokakarya penyusunan kebijakan SID itu diikuti puluhan peserta perwakilan dari 10 desa yang menjadi pilot project. (pctnku)

 

Tags:

 

Share this Post



 
 
 
 

Add a comment

required

required

optional